Moving File into Owncloud data Folder Manually

Nah, kali ini saya akan posting bagaimana memindahkan file maupun folder ke directory data server owncloud. Aneh sebenernya bereksperimen aplikasi server di komputer client, tapi ga ada salahnya untuk mencoba. Daripada membuat PC sendiri hanya untuk testing suatu aplikasi tertentu. Permasalahannya saat ingin mengutak-atik aplikasi secara lokal sebelum publish ke jaringan. Banyak cara untuk mengakali hal ini. Tapi, banyak susah payahnya juga.
Contohnya saya yang setahun kemarin menggeluti bagaimana membuat layanan Cloud sendiri di jaringan lokal. Alasannya, bukan hanya masalah privasi namun juga mengakomodasi bandwidth yang semakin menipis. Yap, langsung saja.
Pertama kita mulai dengan melihat isi directory data owncloud (selanjutnya kita singkat menjadi directory saja) dengan posisi terminal berada di /home atau "~", pastikan dengan perintah pwd

sudo ls -l /var/www/owncloud/data/user/files/

Kedua ubah file/folder yang akan dipindah sesuai attribut file dan folder di dalam directory

sudo chmod 755 /home/user/Downloads/

Ketiga ubah kepemilikan file/folder yang akan dipindah sesuai attribut file dan folder di dalam directory

sudo chown www-data:www-data /home/user/Downloads/

Selanjutnya pindahkan ke dalam atau setingkat dengan file/folder default di dalam directory

sudo mv /home/user/Downloads/ /var/www/owncloud/data/user/files/

Setelah itu masuk ke dalam directory owncloud, lalu ketikkan perintah occ scan


sudo -u www-data php occ files:scan --all

Perintah occ scan berfungsi untuk membuat file cache yang dipindahkan manual atau tidak melalui browser maupun aplikasi owncloud client. Jadi, setelah proses ini selesai, kalian dapat melihat file yang kalian pindah manual melalui browser. Sekian dan terima kasih.

NB: user linux dan user default akun owncloud = user; root directory server owncloud = /var/www/owncloud; file di dalam folder yang akan dipindahkan secara manual = /home/user/Downloads