PHP


Jika aku bodoh biarkan sejenak untukku memahami. Tak semua orang dilahirkan punya kemampuan belajar cepat. Sebenarnya aku berpikir, bahwa masa depan yang kita nantikan itu tidak semuanya jauh dari perkiraan. Selama ada tujuan, perjalanan ini akan ada arahnya. Bukan mencapai tujuan itu saja, terkadang ada kalanya tersesat juga menjadi bagian dari menuju sebuah arah. Mengapa aku jadi melankolis belakangan ini ada sebabnya. PHP scripts, PHP applications, PHP core dan karena bahasa ini benar-benar kompleks dan susah untuk dimengerti untuk waktu sebentar. Yap, meski sudah berjalan tahun ketiga tempatku part time di sini. Sebenarnya aku sangat butuh yang namanya belajar, selain Delphi dengan Aplikasi Borland, C++ dengan .NET Framework dan Java dengan JVM-nya, bahasa ini menjadi sebagian besar basis sistem aplikasi yang operational 24/7.

Apalagi ini? "Protection against buffer overflows or format string vulnerabilities," begitu kata websitenya. Setelah melihat adik kelasku belajar PHP dalam waktu satu semester dan langsung bisa buat aplikasi berbasis web, langsung deh ada keberanian untuk buka server utama. Entah, sejak dua tahun lalu, belum pernah terbesit akan mengutak-atik server ini. Soalnya, satu server ini sudah jadi tulang punggung sistem utama yang bakal gawat kalau misal ada error.

Pernah kejadian sekali, waktu tahun baru kemarin aku begadang di ruang server yang dingin untuk cek database server ini yang katanya gagal deteksi client aktif. Aku dengan beberapa pengetahuan terbatas soal CLI bash Linux harus berhadapan dengan FreeBSD yang ternyata berbeda. Ga karuan dinginnya, dan suhu harus di bawah 16 derajat Celsius. Deg-deg-an. Mengkerut dengan dingin tengah malam tambah gempuran 4 buah Air Conditioner di ruang ukuran 4x3 meter, benar-benar malam tahun baru tak terlupakan.

Database yang dipake masih MySQL untuk monitoring server, tapi aplikasi sistem sudah adopsi PostgreSQL yang notabene lebih stabil dan praktis pengelolaannya. Nah, sistem utama ini bisa diatur remote dari lantai bawah. Berhubung sistemnya yang rusak dan DC alias putus jaringan, akhirnya beberapa orang cek ruang server dan coba mengatasi masalah ini dengan pengetahuan seadanya.