CSS: New Design, Yeah!

Sedang belajar Sass dan Flex CSS Level 3. Bingung mau praktik dimana, akhirnya buka kode sumber template blog, hehe.

Akhirnya selesai juga. Ini hasil ngoding di akhir jam kerja. Setelah beberapa waktu mendalami apa itu Sass dan kebetulan proyek kali ini membutuhkan pemahaman mendalam soal flexbox, jadilah blog ini sasaran uji coba. Maka, kalau ada yang minta template ini, aku suruh mereka Ctrl+U aja.

Susunan kode masih berantakan soalnya dikembangkan secara incremental. Sekarang sedang mendalami grid di CSS3 yang sudah mulai dikembangkan level 2-nya. Berhubung yang pakai belum banyak, bahan belajarnya agak susah dicari (aku aja yang susah paham, haha). Meskipun dibilang grid efektif digunakan di layar lebar, fokus pengembangan tampilan muka saat ini adalah layar genggam mobile first. Seakan-akan grid digunakan hanya sebagai pelengkap flexbox saja, padahal implementasinya sudah banyak ditemukan di codebase framework CSS keluaran terbaru.


Biar dikata susah, grid punya dinamika yang lebih baik dalam hal konsistensi. Flex di lain sisi belum sebanyak itu juga digunakan untuk proyek skala besar. Menurutku karena fitur-fitur yang ditawarkan masih belum matang. Aku share tautan sumber belajarku kemarin di CSS-Tricks dan semoga membantu perjalanan pembaca dalam mencari pencerahan.


Nah, itulah cerita di balik desain blog yang barusan ganti. Kalau ada yang mau ditanyakan soal bikin template blogger silakan berkunjung ke github dulu. Ada repository untuk generator yang bikin template lebih gampang. Sekian dan terima kasih sudah membaca.