Intro: HTML

Document Object Model (DOM), HTML, SVG, dan XML
Ini perkenalan sebelum kita mulai coding, mengenai apa yang akan kita bahas selanjutnya. Bahasa ini mungkin bukan low level language yang digunakan untuk mengoperasikan hardware. Namun, HTML adalah salah satu bahasa yang akan sering dijumpai dalam kode sumber website.

HTML!

Secara umum satu entitas elemen HTML dituliskan dengan kaidah berikut: tag + attribute (with/without value) + content (optional) + closing_tag (optional) dalam file berekstensi .html/.htm


Fig.1 - HTML syntax.


Attribut ada di setiap elemen HTML dituliskan dengan cara menulis attribute + = (optional) + " (or ' which is mandatory if value declared) + value (optional) + " (or ' which is mandatory if value declared) di dalam tag.


Fig.2 - HTML attribute.


Pada penulisan setiap tag diawali tanda < dan diakhiri tanda >, sedangkan closing_tag diawali tanda </ dan diakhiri tanda > tetapi tidak setiap tag memiliki penutup/closing_tag sehingga ada beberapa tag diawali tanda < dan diakhiri tanda />. Attribut tag ditulis dengan nilai/value dalam tanda kurung yang dipisahkan tanda = antara nama atribut dengan nilainya. Namun tidak setiap attribut juga memiliki nilai/value. Komentar di dalam kode sumber dapat dituliskan dengan diawali tanda <!-- dan diakhiri dengan tanda -->. Komentar berguna sebagai catatan untuk membuat dokumentasi atas apa yang kita tambahkan pada kode.


<!DOCTYPE html>
<!-- Awal dokumen HTML -->
<html lang="en">
<!-- Informasi dokumen HTML (ditampilkan oleh peramban) -->
<head>
    <meta charset="UTF-8">
    <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
    <meta http-equiv="X-UA-Compatible" content="ie=edge">
    <title>Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<!-- Inti dokumen HTML (Block body ditampilkan oleh peramban) -->
<body>
    <!-- Isi dokumen HTML (Element p ditampilkan oleh peramban) -->
    <p style="text-align:center">Isi Dokumen HTML</p>
    <!-- Isi dokumen HTML (Element hr ditampilkan oleh peramban) -->
    <hr/>
</body>
</html>

Sekian pengenalan HTML untuk saat ini. Selanjutnya kita akan bahas mengenai Accessibility (a11y) and internationalization (i18n) yang menjadi topik utama penulisan HTML belakangan ini. Terima kasih dan sampai ketemu lagi.