Stuff: Keyboard

Mechanical Keyboard and their friends.

Perkenalan keyboard atau papan ketik di dunia per-komputer-an tak pernah lepas dari kebutuhan programmer kala itu. Mereka menggunakan papan ketik sebagai media utama dalam menggunakan komputer. Papan ketik pada tahun 1970an begitu berat karena menggunakan papan sirkuit yang mendeteksi saklar mandiri di bawah setiap tombol. Papan ketik semacam ini memberikan sensasi yang tidak didapatkan papan ketik generasi selanjutnya.

Ducky One 2 Mini Pure White (RGB)

Bagaimana sejarah papan ketik zaman dahulu mungkin bisa dideskripsikan dengan cuplikan artikel wikipedia berikut ini

Ducky One 2 TKL Horizon

Berbagai bentuk keyboard diciptakan untuk menunjang produktifitas dan sisi ergonomic menjadi penting di sini. Gambar yang tercantum di dalam artikel tak lain dari berbagai bentuk yang masih bertahan dan dapat ditemukan di pasaran saat ini. Gambar pertama dinamakan 60% size keyboard yang memiliki karakter minimal untuk layout qwerty. Kalian bisa menemukan layout semacam ini pada laptop berukuran kecil sampai sedang. Gambar kedua dinamakan TKL (Ten Key Less) yang banyak ditemukan pada keyboard para gamers. Keyboard standar yang paling banyak ditemui adalah fullsize/ 100% keyboard menggunakan ANSI layout yang ditampilkan pada gambar di bawah ini.


Ducky One 2 Good in Blue


Selain keyboard standar sebenarnya ada bermacam-macam bentuk lagi seperti 75% keyboard dan sebagainya. Kalian mungkin akan sulit menemuinya di pasaran. Jadi, di sini aku hanya tampilkan papan ketik standar saja. Diagram secara keseluruhan papan ketik ANSI normalnya menganut pada model F IBM PC keyboard seperti gambar berikut:

F-XT Model IBM PC Keyboard